Home / Uang / Cara transfer uang lewat Pos

Cara transfer uang lewat Pos

Cara transfer uang lewat Pos memang tidaklah sepopuler cara transfer uang lewat bank. Hal tersebut dikarenakan popularitas penggunaan jasa Pos untuk melakukan transfer uang tidak setenar dari penggunaan bank untuk melakukan transaksi keuangan yang salah satu di dalamnya adalah transfer uang. Namun demikian, ternyata kantor Pos bisa digunakan untuk melakukan beragam transfer uang. Bahkan, tanpa memiliki rekening pun kita sudah bisa melakukan transfer uang lewat Pos.

Sekarang ini, cara transfer uang lewat Pos memiliki dua metode yang cukup populer, yaitu metode menggunakan wesel dan metode menggunakan western union. Kedua metode tersebut bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Penggunaan wesel untuk mengirim uang lewat Pos memang sudah cukup populer dari jaman dahulu kala. Namun, untuk penggunaan western union baru populer beberapa tahun belakangan, namun fitur yang dimiliki oleh weston union justru lebih lengkap, karena di dalamnya sudah memiliki bagian konversi mata uang sekaligus.

Tahapan yang dilakukan sebagai bagian dari cara transfer uang lewat Pos menggunakan western union maupun wesel hampirlah sama. Untuk memulai transfer uang lewat Pos tentunya anda harus mendatangi kantor Pos yang terdekat dengan tempat tinggal anda. Setelah anda sampai di kantor Pos, maka silahkan anda ambil form isian untuk setoran baik menggunakan wesel maupun menggunakan western union. Setelah itu, silahkan anda isi form isian tersebut dengan hati-hati sesuai dengan data yang diminta.

Setelah anda selesai mengisi form isian baik itu wesel maupun western union maka anda bisa membawanya ke bagian teller kantor Pos untuk dilakukan proses pembayaran. Silahkan tunggu beberapa saat hingga bagian teller di kantor Pos melakukan proses transfer uang. Biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses transfer uang lewat Pos tersebut. Setelah pihak kantor Pos menyelesaikan proses transfer uang, maka anda akan diberikan bukti transfer yang didalamnya juga akan berisi sebuah pin yang nantinya pin tersebut bisa digunakan oleh pihak penerima uang sebagai referensi nomor bukti pengambilan. Tanpa pin tersebut tentunya pihak penerima tidak akan bisa mengambil uang kiriman anda lewat Pos baik via western union maupun wesel.

Untuk itulah, jangan sampai lupa untuk meminta pin baik dari pengiriman western union maupun wesel kepada pihak kantor Pos apabila belum diberikan. Setelah anda memiliki pin tersebut maka silahkan anda langsung informasikan kepada pihak penerima uang tersebut supaya pihak penerima bisa langsung mengambil uang yang anda kirimkan. Sebagai catatan, proses pengiriman uang lewat Pos akan dibebankan biaya dan biaya tersebut akan dibebankan kepada pihak pengirim uang, jadi nantinya pihak penerima tidak akan terbebani lagi dengan biaya pengiriman.

Itulah dua metode cara transfer uang lewat Pos yang bisa anda coba terapkan apabila anda tidak memiliki rekening sebuah bank namun ingin melakukan transfer uang. Dengan memanfaatkan fasilitas kantor Pos, kita sudah bisa melakukan peran suara uang, bahkan tanpa nomor rekening sekalipun. Mudah-mudahan informasi diatas bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba.

Check Also

Cara Transfer Online (Internet Banking)

Cara transfer uang online

Internet adalah salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk transfer uang secara online. Itulah mengapa ...